Pengikut

RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:

kebudayaan asli daerah saya

Posted By On 01.01 Under
Saya di lahirkan dan di besarkan di kota Cirebon. Yang terkenal akan nuansa islami, jalan pantura, perbatasan, pantai, udang, rebon, keraton, oleh2, batik, makanan dll. Tentu’y saya amat menyukai kota Kelahiran kuh tercinta wlaupun agk sdkt membosankan krena pembangunan’y belum maju, msh sgitu2 ajh tp untuk soal pariwisata’y lumayan lah bwt di kunjungi dan menikmati makanan khas’y lalu membeli oleh2 untuk orang trdekat spaya pd tau klo abis berkunjung ke kota Cirebon.
Okeh mari kita bahas telebih dahulu ttg nuansa islami di kota Cirebon. Ada 2 makam Sunan yg ada di kota Cirebon yaitu makam’y Sunan Gunung Djati dan Sunan Kalijaga. Di samping itu juga di Cirebon terdapat Gua Sunyaragi yang terletak persis di pinggir jalan Sunyaragi tetapi sayang sekali sekarang sudah tidak di lestarikan lg oleh masyarakat maupun pemerintah daerah kota Cirebonnya jadi di biarkan begitu sjh . Lalu mempunyai 2masjid yg cukup di kenal yaitu Mesjid Agung Sang Cipta Rasa dan Masjid Bata Merah. Cirebon di kenal jg sebagai kota perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah tp sejauh ini Cirebon msh tergabung dalam propinsi Jawa Barat meski ada wacana akan membentuk propinsi tersendiri tp sejauh ini belum direalisasikan jg krena msh banyak yg PRO-KONTRA. Cirebon jg mempunyai 2keraton yaitu Keraton Kesepuhan dan Keraton Kecerebonan.
Untuk oleh2 khas Cirebon banyak sekali macam’y diantara’y krupuk udang, krupuk mlarat, terasi, sirup tjampolay, manisan, rengginang, dll. Kota Cirebon jg banyak hidangan laut seperti udang, rebon, kepiting dan rajungan.
Di Indonesia batik adalah salah satu kebudayaan Indonesia yg harus di lestarikan, di budidayakan karena setiap daerah mempunyai motif dan corak yang berbeda-beda dan kota Cirebon pun mempunyai ciri yang sangat khas yaitu motif mega mendung dan motif barong. Di kota Cirebon sendiri ada satu tempat khusus di mana para pengrajin bertempat tinggal yaitu namanya Trusmi-Plered.
Pecinta kuliner bs menikmati makanan khas Cirebon yaitu Nasi Jamblang karna nasinya itu di bungkus oleh daun jati lalu lauk-pauknya kita bs pilih sendiri, tempatnya boleh saya rekomendasikan di Mang Dul yg ada di jalan Cipto sebelahnya Grage Mall dan yg ada di dekat Pelabuhan Cirebon. Disamping itu ada Nasi Lengko khas Pak Barno yg ada di jalan Pagongan. Empal Gentong khas Mang Darma di jalan Krucuk. Tidak lupa jg Tahu Gejrot langganan saya yg sering lewat sekitar jam 11siang heheeeeeee
Saya amat bangga dengan kota asal saya ya karna gk gampang melupakan begitu sjh dengan keanekaragaman yg daerah saya miliki seperti makanan dan oleh2 yg begitu khasnya pkoke maknyus top markotop  . Ya patut untuk anda kunjungi apabila lsedang liburan, ajak serta keluarga anda.

Posting Komentar